Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menopang kelanjutan program Merdeka Belajar. Menurut dia, program Merdeka Belajar memanusiakan manusia dikarenakan memberi ruang pembelajaran cocok keragaman sifat siswa.

Hal ini disampaikan Yaqut dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap 2 Mei. Peringatan Hardiknas 2024 mengangkat tema, „Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar“.

Merdeka Belajar berangkat dari semangat memanusiakan manusia. Saya menopang program ini untuk dilanjutkan,“ tegas Yaqut dikutip dari siaran persnya, Kamis (2/5/2024).

Dia mengatakan, tugas mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi amanah UUD 1945. Untuk itu, semangat merdeka studi amat penting dan relevan.

„Merdeka Belajar memberi peluang yang lebih luas bagi siswa dalam mengeksplorasi minat dan bakat. Mereka bisa menentukan jalur pendidikan yang sesuai. Ini diinginkan menumbuhkan semangat studi dan mengakselerasi kemajuan bangsa,“ jelasnya.

„Setiap orang berhak mendapat pendidikan. Sudah harusnya seluruh pihak slot gacor 777 bergerak bersama dengan untuk melanjutkan merdeka studi yang telah digagas pemerintah,“ sambung Yaqut..

Selain faedah keagamaan, Yaqut mengatakan Kemenag juga mengemban tugas pendidikan agama dan keagamaan. Berdasarkan data per Desember 2023, Kemenag membina kira-kira 86.343 madrasah, negeri dan swasta. Total tersedia 10.462.392 siswa dari jenjang dasar hingga menengah.

„Ada juga santri Pendidikan Diniyah Formal, Pendidikan Kesetaraan, dan Pendidikan Muadalah terhadap pondok pesantren yang jumlahnya juga ratusan ribu,“ tutur Yaqut.

„Ini belum juga siswa terhadap instansi pendidikan agama dan keagamaan Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu yang juga dibina Kemenag,“ imbuh dia.

Edaran Kemenag Terkait Hardiknas

Untuk memeriahkan Hardiknas, Sekjen Kementerian Agama telah menyebarkan edaran yang dimaksudkan kepada pimpinan Eselon I, Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri/Swasta, Kanwil Kemenag Provinsi, Kankemenag Kab/Kota, dan juga kepala UPT, KUA, hingga madrasah.

Setiap kantor, perguruan tinggi keagamaan, dan satuan pendidikan terhadap Kementerian Agama diminta:

a. Memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 lewat beragam sarana cetak, elektronik, dan sarana sosial bersama dengan manfaatkan logo dan tema se bagaimana dimaksud terhadap angka 1 dan angka 2

b. Menyelenggarakan upacara bendera secara luring/ tatap muka terhadap tanggal 2 Mei 2024, pukul 07.30 waktu setempat

c. Menyelenggarakan kesibukan untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 dan bulan Merdeka Belajar2024 sebagaimana telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, secara kreatif, menjaga danmembangkitkan semangat belajar, dan juga mendorong pelibatan dan partisipasi publik

d. Menggunggah konten publikasi peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 dan bulan Merdeka Belajar 2024sebagaimana dimaksud dalam huruf c di sarana sosial bersama dengan tagar #Hardiknas2024 #LanjutkanMerdekaBelajar.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert