Mengembangkan Potensi Desa Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Desa Mekarjaya Kabupaten Bogor

Potensi desa, merupakan segala sumber energi alam maupun sumber energi manusia yang terdapat di desa. Dimana semua sumber energi selanjutnya dapat dimanfaatkan bagi keberlangsungan dan perkembangan desa. Ketika kami mendengar kata potensi desa, tentu langsung mengarah ke suatu desa yang bakal dikembangkan menjadi desa wisata. Namun sebenarnya tidak cuma itu saja, melainkan juga sektor-sektor lain layaknya ekonomi, pendidikan, sosial, lingkungan dan sebagainya yang juga ikut dikembangkan.

Dalam mengembangkan potensi di suatu desa tidaklah mudah, idealnya kami menekankan rencana yang masak dan tepat manfaat serta efektif dan juga efisien. Hal selanjutnya juga tidak lepas dari peran penduduk dan pemerintah yang saling bahu-membahu di dalam mengembangkan potensi desa. Secara umum tujuan dari ada pengembangan potensi desa adalah untuk mendorong kemandirian penduduk yang ada di desa selanjutnya lewat pemberdayaan penduduk layaknya halnya mengadakan pelatihan, inovasi alat baru, sosialisasi perihal cara pengolahan suatu product dll. Tentunya perihal selanjutnya demi kesejahteraan penduduk di desa tersebut. Salah satunya di Desa Mekarjaya Kabupaten Bogor.

Desa Mekarjaya adalah keliru satu desa yang berada di lokasi Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan suasana geografis, Desa Mekarjaya punyai luas 728,00 Ha, terdiri atas tanah sawah seluas 172,00 Ha. Selain itu terdapat pula tanah kering seluas 55,50 Ha bersama rincian 50,00 Ha pemukiman, dan 5,50 Ha pekarangan. Desa Mekarjaya punyai 4 dusun, yang terdiri dari 9 RW dan 34 RT. Dilihat dari topografinya, Desa Mekarjaya merupakan tempat bersama potensi mata air sedang. Sumber air bersih Desa Mekarjaya bersumber dari sumur galian bersama kuantitas 950 unit sumur untuk dimanfaatkan oleh 1.650 KK. Penduduk Desa Mekarjaya bulan Desember 2018 berjumlah 7.065 jiwa, bersama kuantitas Kepala Keluarga (KK) sebanyak 1.650 KK, dan kepadatan penduduk 970,47 / km2.

Ketika kami bicara perihal potensi, tentu bakal merujuk pada segala sesuatu yang dapat membantu pembangunan dan dapat dikembangkan kearah yang lebih baik. Sedangkan persoalan bakal merujuk pada segala sesuatu yang mencegah pembangunan dan pengembangan desa. Dari sistem identifikasi potensi dan persoalan kami dapat paham sekitar apa saja yang mesti dijalankan untuk mengembangkan maupun selesaikan persoalan yang ada di desa. Di Desa Mekarjaya sendiri Pemerintah Desa ikut menggalakkan program-program pemberdayaan kepada penduduk di dalam sebagian sektor sebagai berikut:

Sektor Pendidikan

Pendidikan Keaksaraan: untuk melatih penduduk di dalam mengetahui dan paham aksara yang diantaranya adalah studi membaca Al-Qur’an bersama, studi makhrajil huruf, dan ilmu tajwid.

ak-anak perihal cara membaca tulisan Arab bersama baik dan benar, serta memperkenalkan sedikit demi sedikit bhs Arab yang enteng dihafal dan dipahami oleh anak-anak usia dini.
Pelatihan Anyaman

Sektor Ekonomi Kreatif
Pelatihan Membuat Pencatatan dan Laporan Keuangan: untuk melatih para pemilik usaha supaya dapat melakukan kalkulasi, mengontrol serta mengatur total transaksi keuangan yang berjalan di dalam keberlangsungan dunia usahanya.

Pelatihan Kewirausahaan Masyarakat: untuk tingkatkan para pelaku usaha, tidak cuma para pelaku Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM), namun juga pebisnis pemula dan para pebisnis yang mendambakan mengembangkan bisnisnya.

Sektor Pertanian

Ibu-ibu sedang mengikuti pelatihan jiwa kewirausahaan yang mandiri Pembentukan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN): membantu penduduk untuk mengembangkan varietas unggul di sektor pertanian supaya dapat mendongkrak pendapatan para petani disana.

Dari penjelasan di atas, dapat diambil https://tenajarkidul.com/ kesimpulan bahwa di dalam mengembangkan potensi desa lewat pemberdayaan masyarakat, di Desa Mekarjaya mesti ada partisipasi dan bantuan yang baik dari penduduk maupun Pemerintah Desa Mekarjaya untuk mengembangkan potensi manfaat tingkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Selain itu pemerintah desa juga mesti membekali masyarakatnya bersama ilmu berwujud kekuatan dan ketrampilan untuk dapat berinovasi menciptakan product baru yang nantinya dapat menjadi potensi yang dapat dikembangkan menjadi desa sentral industi dan dapat tingkatkan perekonomian penduduk di Desa Mekarjaya Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert