Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga memakai masker saat bepergian keluar rumah. Erupsi Gunung area yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sitaro, mengakibatkan abu vulkanik menyebar di nyaris semua area di Sulut. warga diminta untuk mengenakan masker.

Sejak Selasa (30/4/2024) pagi, cuaca di Kota Manado keluar seperti senja hari. Ini disebabkan gara-gara abu vulkanik Gunung area yang isikan hawa Kota Manado, bahkan nyaris semua area di Sulut. Ribuan kendaraan baik roda dua dan empat keluar penuh bersama abu vulkanik.

Pagi udah cuci mobil, setelah jalur kira-kira 1 jam ternyata udah sbobet dipenuhi abu,” ujar Ronny Sepang, warga Drsa Leilem, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Terkait situasi ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar kenakan masker manfaat mewaspadai papara abu vulkanik.

„Sebaran abu vulkanik Gunung area cukup berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan,“ tutur Kepala BMKG Manado, Dhira Utama.

Dhira Utama mengatakan, BMKG akan terus berkoordinasi bersama semua pemangku kepentingan dan tetap memantau sebaran abu vulkanik.

„Sebaran abu vulkanik akan terus dipantau, dan saat ini paling banyak mengarah ke anggota utara,“ katanya.

Pembagian Masker
Menyikapi situasi ini, Pemkot Manado melalui Puskesmas Sario membagikan 5.000 lembar masker bagi masyarakat, di Jalan Ahmad Yani, Sario Tumpaan terhadap Selasa sore.

„Ini untuk menopang masyarakat berasal dari efek erupsi Gunung Ruang, gara-gara abu vulkanik yang terhitung menutupi langit Manado,“ kata Kepala Puskesmas Sario dr Jakob Padjan SpB yang memimpin jatah masker.

Dia mengatakan, masker dibagi-bagikan untuk warga baik pejalan, pengendara, pengemudi maupun penumpang kendaraan bermotor, agar tidak banyak menghirup abu vulkanis.

Pembagian masker adalah upaya pemerintah, untuk memelihara masyarakat, agar tidak sampai menderita sakit gara-gara abu vulkanis,” ujarnya.

Dia mengatakan, masker kudu dipakai saat beraktivitas di luar rumah, gara-gara jika tak digunakan akan mengakibatkan penyakit akibat menghirup abu vulkanik.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert