Pempek Palembang lazimnya menjadi salah satu oleh-oleh makanan khas Sumatera Selatan (Sumsel) yang dibawa dikala mudik lebaran.

Sayangnya, pempek Palembang tak dapat lama dibawa dalam perjalanan, sebab akan kencang membusuk dan tak dapat dikonsumsi lagi.

Tetapi, ada masakan opsi lainnya yang menjadi ciri khas https://www.denverglassacademy.com/ Sumsel, yang dapat dibawa jadi buah tangan dikala mudik ke luar kota yang akan awet dibawa ke perjalanan panjang.

Masakan khas hal yang demikian yakni keripik Palembang, yang berbahan daging ikan yang diolah seperti pempek lenjer, lalu dipotong, dikeringkan dan digoreng jadi keripik Palembang.

Ada banyak ragam keripik Palembang, mulai dari keripik kancing yang bulat dan berukuran kecil, keripik keriting, keripik getas sampai kemplang Palembang.

Bahan utama dari keripik Palembang yakni daging ikan sungai sampai ikan laut, seperti ikan tenggiri sampai ikan gabus. Bahan ikan inilah yang akan membedakan harga keripik Palembang dipasarkan di pasaran.

Lazimnya harga keripik yang berbahan dasar ikan tenggiri, akan jauh lebih murah ketimbang keripik Palembang berbahan ikan gabus.

Perbedaan harga hal yang demikian dikarenakan harga ikan gabus lebih mahal di pasaran dibandingi daging ikan tenggiri.

Idrus, penjual keripik Palembang di Pasar Tradisional Lemabang Palembang berkata, penjualan keripik Palembang meningkat drastis jelang lebaran tiap-tiap tahunnya.

Harga keripik Palembang dengan rasa gurih dibandrol cukup relatif murah. Untuk 250 gram saja, ada yang dihargai sebesar Rp7.500 untuk keripik kancing.

“Tetapi mahal seperti kemplang Palembang seharga Rp19.000 per 250 gram. Kecuali banyak juga yang beli keripik kancing dan getas,” katanya, Jumat (29/3/2024).

Seperti layaknya mengonsumsi pempek Palembang, warga Palembang lazimnya makan keripik Palembang dengan metode dicelupkan ke cuko pedas.

Oleh-Oleh Lebaran

Kecuali memasarkan keripik Palembang, Idrus juga menawarkan tekwan kering plus bumbu kering yang dapat diolah di rumah. Tekwan sendiri yaitu ragam makanan khas Palembang, yang lazimnya disampaikan dengan kuah udang sungai yang lezat.

Surya, salah satu warga Palembang tiap-tiap tahunnya senantiasa mengirim oleh-oleh keripik Palembang ke kampung halamannya di Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar).

Kecuali harganya murah, keripik Palembang juga awet selama dibawa ke perjalanan dan dapat dibeli dengan harga yang relatif murah.

Walau beli 250 gram, melainkan jumlahnya cukup banyak. Makanya tiap-tiap beli keripik Palembang untuk oleh-oleh, aku dapat mengorder pelbagai ragam keripik untuk keluarga di kampung,” ujarnya.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert