Jawa Timur dikenal bersama kuliner tradisionalnya yang beragam. Mulai berasal dari lokasi Mataraman, Arek, hingga Pandalungan. Salah satu daerah di Jatim yang punya sejumlah kuliner tradisional adalah Nganjuk https://nadinganjuk.com/. Nganjuk yang dikenal sebagai Kota Angin ini punya sejumlah makanan khas. Sebagian makanan khas Nganjuk merupakan makanan utama, layaknya Nasi Becek, Sego Banting, dan lain-lain. Jika mampir ke Nganjuk, Anda pun tak boleh melewatkannya. Sebab, aneka makanan khas Nganjuk ini dikenal bersama kelezatannya. Apa saja makanan khas Nganjuk? Simak rinciannya berikut ini.

6 Makanan Khas Nganjuk

1. Nasi Becek

Sekilas, Nasi Becek sama bersama Gulai Kambing. Sebab, bahan dasarnya memang daging kambing dan kuah rempah. Namun, keduanya ternyata sama namun tak sama. Nasi Becek tidak hanya memuat daging kambing, namun termasuk tersedia jeroan layaknya babat. Lalu, Nasi Becek cenderung manis dan tidak asin.

2. Nasi Tumpang

Jika melihat namanya, kuliner ini sama layaknya Pecel Tumpang di Kediri. Keduanya memang berbahan dasar sambal tumpang atau tempe yang difermentasi. Namun, penyajian sayurnya tidak sebanyak Pecel Tumpang. Sementara itu, Nasi Tumpang termasuk disiram bersama sambal tumpang yang cukup banyak.

3. Asem-asem Kambing

Di Nganjuk, daging kambing tidak hanya diolah menjadi Nasi Becek saja. Namun termasuk Asem-asem Kambing yang tak kalah nikmat. Kuliner ini terbuat berasal dari daging kambing bersama kuah yang berbahan daun kedondong dan rempah-rempah. Sehingga menciptakan cita rasa yang segar.

4. Sego Banting

Jika melihat namanya, Sego Banting keluar layaknya nasi yang dibanting. Konon, penjual nasi banting dulunya kerap membanting bungkusan makanan ini. Sehingga dinamakan Sego Banting. Padahal, isianSego Banting sama bersama Nasi Kucing. Yakni nasi, aneka lauk, tempe, dan sambal. Kuliner ini pun kerap dijual malam hari.

5. Dumbleg

Sebagian warga luar kota Nganjuk kemungkinan dapat asing bersama kuliner ini. Sejatinya, Dumbleg adalah tidak benar satu style makanan penutup atau camilan yang berbahan dasar tepung beras atau ketan, selanjutnya dicampur bersama gula jawa dan santan. Istimewanya, adonan Dumbleg dibungkus bersama pelepah jambe. Cita rasanya cenderung manis dan teksturnya lengket layaknya dodol.

6. Sate Kenul

Selain Nasi Becek dan Asem-asem Kambing, daging kambing termasuk diolah menjadi makanan khas Nganjuk lainnya. Yakni Sate Kenul. Sare ini terbuat berasal dari daging kambing yang dicampur parutan kelapa muda, cabai rawit, dan gula pasir. Kemudian, sate digoreng dan disediakan bersama kuah yang berbahan rempah-rempah.

Nah, itu tadi 6 makanan khas Nganjuk. Tertarik mencicipinya? Ayo mampir ke Nganjuk.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert