Buah durian, siapa yang tak kenal si raja buah itu?, saya percaya tiap-tiap orang pasti pernah mencicipi atau mencobanya.

Kebetulan diawal tahun 2024 ini Provinsi Bangka Belitung lebih-lebih di Pulau Bangka sedang musim panen buah durian.

Hal itu ditandai bersama dengan banyaknya lapak yang menjual buah durian di sepanjang jalur di Pulau Bangka.

Sebut saja di Desa Air Mesu Bangka https://www.liburanbelitung.com/ Tengah, Desa Nangka atau Desa Tiram di Bangka Selatan sudah banyak lapak pedagang buah durian yang berjajar menawarkan dagangannya.

Durian itu mempunyai harga yang berfariasi terasa berasal dari Rp. 15.000 sampai Rp. 100.000 atau lebih-lebih lebih tergantung ukuran dan jenis durian yang dijajakan.

1. Durian Tai Babi

Durian Tai Babi adalah tidak benar satu durian unggulan asli Bangka Belitung yang sedang naik daun dikalangan penggemar durian.

Durian Tai Babi begitu penduduk kerap menyebutnya atau terhitung dikenal sebagai durian Cumasi atau Namlung adalah durian yang mempunyai kulit berwarna hijau bersama dengan ukuran buah kecil.

Kendati begitu durian Tai Babi merupakan durian unggulan Bangka Belitung yang sudah mendunia dan mempunyai harga menjual yang lumayan mahal bersama dengan kisaran antara Rp. 500 sampai Rp. 600 ribu.

Hal itu sebab durian Tai Babi mempunyai rasa yang khas dimana mempunyai rasa yang agak pahit di ujung lidah, lemak manis dan legit kala menikmatinya.

Khusus untuk durian Tai Babi ini saya mempunyai 6 pokok pohon yang saya tanam di kebun dan sudah berusia 1 tahun, semoga suatu kala dapat menikmatinya berasal dari hasil kebun sendiri.

2. Durian Super Tembaga

Selain durian Tai Babi, Provinsi Bangka Belitung terhitung mempunyai durian unggulan lainnya yaitu durian Super Tembaga.

Durian Super Tembaga mendapat namanya sebab ciri khas warnanya yang menyerupai warna kuning tembaga.

Bagi penggemar durian, durian Super Tembaga kadang-kadang terhitung disamakan bersama dengan durian Montong atau Duri Hitam berasal dari Malaysia.

Keunggulan berasal dari durian Super Tembaga adalah mempunyai ukuran yang lebih besar, biji yang kecil, daging yang tidak tipis dan rasa yang manis legit serta sedikit pahit.

Sedangkan untuk harga jualnya, durian Super Tembaga dibanderol bersama dengan harga Rp. 750 sampai Rp. 800 ribu per butir.

3. Durian Tupai Chong

Sudah pernah dengar durian Tupai Chong?, ternyata durian itu selanjutnya terhitung merupakan durian unggulan asli Bangka Belitung.

Kata orang rasa durian Tupai Chong mempunyai rasa layaknya durian Musangking serta mempunyai tekstur lembut, warna buahnya kering, krimy, lengket dan pahit.

Pokonya kecuali kamu ke Bangka Belitung khusunya ke Pulau Bangka jangan sampai lupa untuk mencicipi durian Tupai Chong.

4. Durian Klamunod

Selain tiga jenis durian unggulan di atas, Provinsi Bangka Belitung terhitung mempunyai durian unggulan nasional yaitu durian Klamunod.

Durian Klamunod merupakan durian yang mempunyai pangsa pasar sendiri sebab belum banyak dibudidayakan.

Harga durian Klamunod pernah tembus di harga 1,5 juta per/kilogram kala memenangi festifal durian di Bangka Belitung, walaupun begitu berasal dari petani harganya berkisar antara Rp 450 sampai Rp 500 ribu.

Durian Klamunod secara rasa mempunyai rasa yang pahit pekat bersama dengan tekstur lembut serta mempunyai daging yang lumayan tidak tipis dan warna yang kunung.

Durian Klamunod yang berasal berasal dari Kabupaten Bangka Barat itu patut dicoba kala kamu mampir ke Bangka Belitung.

Pastinya masih bayak kembali durian unggulan asli Bangka Belitung, tetapi setidaknya empat durian selanjutnya sudah mewakili para penggemar durian untuk mencobanya. Ayo mampir ke Bangka Belitung.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert