Calon wakil presiden (cawapres) nomer urut satu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, menyatakan partai politik (parpol) pendukung yang tergabung dalam Koalisi Perubahan (Nasdem, PKS, dan PKB) siap untuk mengajukan hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024.

„Koalisi partai pendukung AMIN siap solid dan siap mengajukan,“ kata Cak Imin di kawasan Jalan Danau Sunter Barat, Sunter Agung, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2024).

Meskipun begitu, Cak Imin tak menjawab kapan hak angket bakal diusulkan secara resmi oleh Nasdem, PKS, dan PKB. Menurut dia, persoalan itu berada di ranah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

„Ya kita menanti saja, urusan di DPR nanti,“ ujar dia.

Sementara itu, capres nomer urut satu Anies Baswedan mengakui tetap menjalin komunikasi starlight princess bersama paslon nomer urut tiga Ganjar Pranowo. Dia mengatakan, bakal berjumpa Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam saat dekat.

„Iyalah (dengan Ganjar Pranowo) komunikasi terus,“ ucap Anies.

Wacana pemakaian hak angket DPR untuk menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024 tetap bergulir dalam 2 pekan terakhir. Namun, hingga saat ini belum ada bagian DPR maupun fraksi partai politik (parpol) yang secara resmi perlihatkan siap mengajukan Hak Angket.

Adapun capres nomer urut tiga Ganjar Pranowo menjadi yang pertama kali memberikan wacana pemakaian Hak Angket DPR. Ganjar mendorong koalisi partai politik pengusungnya untuk menggulirkan Hak Angket atas dugaan kecurangan Pilpres 2024.

Ganjar pun terhitung mengklaim membuka pintu komunikasi bersama koalisi partai pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan calon (paslon) nomer urut satu.

Menurut dia, hak angket yang merupakan hak penyelidikan DPR, menjadi salah satu usaha yang bisa dikerjakan untuk meminta pertanggungjawaban Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu.

Mahfud Md Pastikan Hak Angket Bukan Gertakan: Politikus Jangan Sesatkan Masyarakat

Calon wakil presiden nomer urut 03 Mahfud Md meyakinkan hak angket bakal digulirkan. Ia perlihatkan hak angket baru bisa digelar saat era sidang DPR. Diketahui saat ini DPR tetap menggelar reses hingga 4 Maret mendatang.

„Sama bersama angket. Kok angket hanya gertak-gertak. Lo nunggu sidang DPR dong. Kalau nggak sidang DPR sesungguhnya angket diserahkan ke mana? Ke rumahmu memangnya? Ya kan? Diserahkan ke DPR sidang, disampaikan secara resmi. Jadi jalan hukum jalan, firm, kita yakin memiliki bukti-bukti yang kuat,“ kata Mahfud di kawasan GBK Senayan, Jumat, (1/3/2024).

Ia meminta politikus tidak menyesatkan rakyat bersama perlihatkan hak angket hanya wacana atau gertak sambal saja. Ia meyakinkan hak angket bakal bergulir pada era sidang mendatang.

„Saya pastikan angket itu jalan. Karena saya tidak ikut, tapi ikut menambahkan arahan perihal substansinya saya bukan orang partai nggak ikut tanda tangan, baik sebagai orang partai maupun bukan orang partai tapi jalan, nunggu sidang, jangan penduduk disesatkan oh itu gertakan saja ndak diajukan, ndak ada,“ kata dia.

Mahfud: Rencana Hak Angket Menguat

Bahkan, lanjut Mantan Menko Polhukam itu, rencana gugatan MK dan hak angket bukan semakin melempem melainkan semakin kuat.

„Bukan gembos, ini semakin keras pompanya ini semakin keras nggak gembos,“ sambungnya.

Sementara itu, mengenai rencana ajukan hak angket dan gugatan ke MK mengenai hasil pemilu benar-benar dilakukan.

Mahfud menyebut, pengajuan sesungguhnya belum masuk ke tahapan atau jadwalnnya. Sebab, gugatan baru bisa dikerjakan pasca pengumuman resmi KPU.

„Gugatan ke MK itu baru bisa dimulai tanggal 24 Maret kecuali jadwal putusan KPU itu 20 Maret. Kan berarti 3 hari sehabis itu. Masa‘ ngajukan sekarang? Nggak bisa. Kalau kita telah siap, TPN kami, tim hukum kami, (paslon) 3 telah siap, telah lengkap. Sekarang MK buka, kita daftar. Jadi jangan dibilang kok diem saja, nggak diem, sesungguhnya menanti putusan resmi KPU,“ ujarnya.

Ia memastikan, paslon 03 dan tim tetap bersiap dan tidak berdiam diri. “Keputusannya siapa yang angkanya terbanyak, baru sehabis itu, tiga hari sehabis itu baru sidang. Jadi jangan dibilang diam, kita bergerak terus,” kata dia.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert