Bangunan Indah Karya Arsitek Wanita

Pekerjaan pembangunan gedung, tempat tinggal dan banguann lainnya adalah brininstool-lynch bidang yang cenderung maskulin. Tak heran jika profesi arsitek banyak dilakoni oleh kaum pria. Tapi nyatanya banyak juga arsitek wanita bersama pamor kelas dunia.

Zaha Hadid (1950-2016) adalah tidak benar satu yang paling disegani. Wanita kelahiran Irak ini adalah arsitek muslimah pertama yang capai penghargaan Arsitektur Pritzker. Karya arsitekturnya yang khas tersebar di Dubai, Seoul, Moscow dan banyak lagi.

Di Indonesia tersedia Daliana Suryawinata. Berikut ini bangunan memukau karya arsitek wanita yang dinilai out of the box sebagaimana dirangkum oleh Architecture Digest. School

METI Handmade School

Jerman Anna Heringer adalah tokoh mutlak di dalam gerakan arsitektur yang berkelanjutan. Proyek monumental wanita asal Jerman ini adalah METI Handmade School di Bangladesh perlihatkan bahwa penerapan materi dan kearifan lokal di dalam desain bangunan tidak cuman sesuai bersama lingkungan dan budaya setempat.

The Haidar Aliyev Centre

Gedung di Baku, Azerbaijan ini merupakan karya almarhumah Zaha Hadid. Dia adalah pelopor bagi profesi arsitek wanita. Hadid juga memenangkan Stirling Prize pada 2010 dan 2011. Penghargaan Internasional RIBA untuk Galaxy Soho diraihnya pada 2013.

Aqua Tower

Jeanne Gang jadi tidak benar satu arsitek dunia yang berpengaruh. Memiliki firma arsitektur sendiri, dirinya berhasil perlihatkan keahliannya sebagai arsitek. Salah satu karya terpentingnya adalah Aqua Tower setinggi 261 di Chigago, Amerika Serikat, yang fasadnya merupakan teras bergelombang bagai riak permukaan air.

The Lieb House

Rumah ini dirancang sepasang suami istri Robert Venturi dan Denise Scott Brown pada 1969. Angka 9 di bagian fasad adalah perlihatkan no tempat tinggal Barnegat Light, New Jersey, AS, tersebut. Kusen jendela dibikin bersama asimetris sehingga berupa perahu layar di satu sisinya.

Vietnam Veterans Memorial

Maya Lin mendapat penghargaan „Presidential Medal of Freedom“ dari Presiden AS Barrack Obama. Dia membuahkan banyak mahakarya indah layaknya Riggio-Lynch Chapel di Tennessee dan Vietnam Veterans Memorial di Washington, DC.

Atlantis Condominium

Elizabeth Plater-Zyberk adalah seorang arsitek kelahiran Amerika yang mendirikan perusahaan Arquitectonica yang bermarkas di Miami. Plater-Zyberk adalah bagian dari gerakan Urbanisme Baru pada 1980-an. Konsepnya adalah merancang lingkungan perkotaan yang mempromosikan konsep ramah lingkungan bersama menciptakan lingkungan yang gampang walkable.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert