Makanan Khas Kalimantan – Kalimantan merupakan keliru satu pulau yang ada di Indonesia. Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terdapat di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi jadi lokasi Indonesia (73%), Malaysia (26%), dan Brunei (1%). Pulau Kalimantan tenar bersama julukan “Pulau Seribu Sungai” sebab banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Selain itu, Kalimantan tenar akan destinasi wisatanya yang jadi surga para penggemar alam. Begitu juga bersama warisan budayanya yang masih kental. Selain menyimpan keindahan alamnya yang menakjubkan, ternyata Kalimantan pun memiliki keunikan lainnya.

Disamping itu, makanan khas Kalimantan memiliki sajian yang berbeda di tiap https://sanfordlakebarandgrills.com/ tempat masing-masing, yang mana keunikan selanjutnya keliru satunya terkandung terhadap olahan kulinernya. Memadukan pada berbagai sumber energi alam yang ada bersama rempah khasnya, membawa dampak makanan khas Kalimantan memiliki cita rasa yang begitu lezat.

Kalimantan memiliki banyak variasi type kuliner yang rasanya khas dan tidak mengecewakan. Makanan khas Kalimantan ini juga sanggup ditemukan di seluruh lokasi Kalimantan. Setiap daerahnya memiliki makanan khas yang sedap dan wajib Anda coba.

Macam-Macam Makanan Khas Kalimantan

Berikut makanan khas Kalimantan ini jadi makanan wajib yang wajib Anda cobalah adalah sebagai berikut:

1. Ketupat Kandangan

Makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan ini juga memiliki rasa otentik. Makanan ini berbahan dasar ketupat. Ketupat yang digunakan terhadap Ketupat kandangan di sini memiliki kuah yang lebih keruh lantaran terkandung tambahan bersifat santan. Cita rasa yang diciptakan pastinya lebih nikmat dan gurih.

Kalau kebanyakan ketupat di sajikan bersama ayam atau daging, maka ketupat kandangan ini di sajikan bersama ikan. Ikan yang digunakan dalam ketupat kandangan adalah type ikan gabus. Ikan gabus ini dimasak bersama langkah dipanggang terutama dahulu sebelum saat dimasak bersama kuah santan yang penuh bumbu.

2. Chai Kue

Chai kue atau choi pan adalah snack dari Kalimantan yang banyak terbujuk budaya Tiongkok. Makanan gurih bersama isian lobak dan ebi ini memiliki rasa unik. Apalagi kalau dimakan bersama sambalnya yang pedas plus asam. Rasanya kamu tidak akan dulu berhenti mengunyah. Makanan khas Kalimantan ini jadi keliru satu makanan yang paling dikangenin orang asli Pontianak.

3. Manday Kalimantan

Bisa dikatakan kalau manday nyaris serupa bersama Gudeg yang ada di Jogja. Adapun yang membedakan pada dua hidangan ini terkandung terhadap bahan utamanya. Manday atau mandai ini terbuat dari kulit buah cempedak. Makanan ini dibuat bersama langkah diasinkan sepanjang beberapa hari. Manday sanggup dikonsumsi bersama langkah digoreng terutama dahulu.

Makanan khas Kalimantan ini lumayan unik kalau dibandingkan bersama kuliner lainnya. Cita rasa yang diciptakan dari Manday pun amat khas, supaya sanggup mengakibatkan kelezatannya sendiri. Jadi, tak ayal kalau banyak sekali pelancong yang datang jauh jauh cuma untuk mencicipinya secara langsung.

4. Bubur Pedas

Bubur pedas masakan khas Kalimantan ini berbeda bersama bubur yang sering Anda makan. Meski namanya bersifat Bubur Pedas, namun ketika menyantap makanan khas Kalimantan. Meskipun namanya bubur pedas, selalu rasa bubur ini serupa sekali nggak pedas.

Bubur ini sebetulnya nyaris serupa bersama bubur manado yang di dalamnya banyak sayur-sayuran. Bubur pedas ini adalah sarapan khas di Kalimantan Barat, bubur ini paling sedap disantap bersama ikan teri plus jeruk nipis. Bahkan, banyak yang menyamakannya bersama Bubur Manado, lantaran banyaknya sayur mayur yang digunakan di dalamnya.

5. Pengkang

Kue unik lainnya yang sanggup dicicipi ketika berada di Kalimantan yaitu Pengkang. Kue unik ini juga cuma sanggup ditemukan di Kalimantan Barat saja. Pengkang terbuat dari ketan yang isiannya adalah udang ebi. Mirip lemper sih namun bedanya pengkang ini bentuknya segitiga dan dimakan bersama saus kerang yang pedas. Pengkang juga sering dijadikan oleh-oleh khas dari Pontianak.

6. Hekeng Kalimantan

Makanan selanjutnya yang tidak sanggup dilewatkan ketika berada di Kalimantan yaitu Hekeng. Dibuat bersama campuran bahan layaknya daging babi dan udang, supaya menciptakan rasa yang amat lezat dan gurih. Hekeng masakan khas Tiongkok-Pontianak ini juga wajib kamu coba.

Biasanya, hekeng terbuat dari campuran berbagai macam daging terasa dari babi sampai udang. Bila dicicipi, tekstur dan rasanya serupa bersama siomay, bedanya hekeng kebanyakan digoreng kering dan disantap bersama kuah asam manis.

7. Soto Banjar

Kuliner yang satu ini kemungkinan sudah lumayan familiar di telinga masyarakat seantero nusantara. Bagaimana tidak, kini keberadaan Soto Banjar tersebar di berbagai lokasi Indonesia. Akan tetapi, rasa yang otentik cuma sanggup didapatkan ketika menyantapnya secara segera di Kalimantan.

Kuahnya yang kental dan sedikit keruh, membuatnya disukai oleh banyak orang. Soto khas suku Banjar ini juga memiliki rasa unik dan berbeda bersama soto yang biasa Anda makan. Soto berkuah kuning bening ini kaya akan rasa rempah-rempah khasnya kayu manis. Biasanya, soto tidak dimasak bersama kayu manis makanya rasa soto banjar ini berbeda bersama soto ayam yang biasa Anda makan.

8. Kalumpe

Kalumpe adalah kuliner khas dari daun singkong yang dimasak bersama santan. Sayur daun singkong yang dimasak bersama santan kemungkinan sanggup Anda temui juga di makanan Padang atau Sumatera. Kalau di Kalimantan sayur singkong bersama santan ini diberi nama kalumpe.

Daun singkong di kalumpe ini kebanyakan diolah bersama langkah ditumbuk selanjutnya dimasak bersama bersama santan dan rempah-rempah. Penumbukan selanjutnya memiliki tujuan supaya daun singkong sanggup menyerap bumbu dari berbagai type rempah bersama mudah. Jadi tak heran kalau cita rasanya begitu lezat.

9. Bingka Barandam

Bingka jadi kue tradisional asal Kalimantan yang memiliki rasa manis, lembut, dan juga sedikit berlemak. Biasanya Bingka di sajikan seiring bersama camilan dan juga beberapa kue khas lainnya. Kue khas Kalimantan yang juga tidak boleh ketinggalan adalah bingka barandam. Kue manis asal Banjar ini sebetulnya nggak amat sukar untuk dibuat. Anda cuma wajib tepung, telur, gula dan kayu manis.

Dengan empat bahan sederhana tersebut, Anda sudah sanggup merasakan legitnya bingka barandam. Makanan ini juga andalan warga Banjar untuk menjamu tamu yang datang ke rumah, bahkan kalau tamunya dari luar kota kue ini pasti nggak akan terlewat untuk disajikan. Masyarakat setempat pun sering menghidangkan makanan khas Kalimantan ini di setiap acara besar layaknya pernikana atau yang lainnya.

10. Nasi Bekepor

Ingin merasakan sajian khas Raja Kalimantan? Salah satu masakan yang disukai raja-raja di Kalimantan adalah nasi bekepor. Jangan khawatir, lantaran kini Nasi Bekepor sudah dijajakan di berbagai tempat terutama di Pulau Kalimantan.

Nasi khas raja-raja ini rasanya serupa nasi liwet yang penuh rasa santan. Kalau nasi liwet dimakan bersama ayam goreng, nasi bekepor ini dimakan bersama daging matang bumi hangus yang enggak kalah enak.

11. Mie Sagu

Bukan cuma Indonesia anggota timur saja yang menjadikan sagu jadi makanan pokok. Kalimantan ternyata juga memiliki masakan khas yang terbuat dari sagu yaitu mie sagu. Mie sagu ini kebanyakan di sajikan bersama langkah digoreng atau dimasak bersama kuah. Meski berbeda, namun di pada keduanya memiliki cita rasa khas yang tak sanggup dijumpai di beberapa tempat lainnya.

12. Juhu Umbut Sawit

Sayur khas Kalimantan Tengah ini juga wajib kamu coba, juhu umbut sawit ini dibuat bersama manfaatkan umbut atau pohon kelapa muda. Bahan dasarnya ini kemungkinan sukar untuk ditemukan di tempat lain sebab sebetulnya pohon kelapa nggak biasa digunakan untuk bahan masakan. Juhu umbut sawit ini kebanyakan dimasak bersama santan, dan umumnya, juhu umbut sawit akan jadi menu wajib di acara-acara pernikahan adat.

13. Sate Payau

Sate payau ini amat tenar di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan jadi makanan favorit warga Kutai Kartanegara. Sate payau ini sebetulnya adalah sate daging rusa yang dibumbui bersama bumbu kacang dan kecap. Penggunaan daging rusa ini sebetulnya tidak biasa dan pasti membawa dampak Anda penasaran. Cukup ekstrim memang, namun terhadap kenyataannya, olahan satu ini lumayan tenar di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

14. Iwak Pakasam

Iwak pakasam terbuat dari ikan sungai yang difermentasi, kebanyakan ikan selalu dimasak dalam situasi segar. Iwak Pakasam merupakan olahan kuliner yang manfaatkan ikan tawar, layaknya ikan haruan, ikan gabus, ikan mangki, ikan sepat, atau ikan papuyu.

Dalam pengolahannya, ikan selanjutnya diawetkan terutama dahulu bersama ditaburi garam dan beras ketan. Bila sudah memasuki pas tertentu, ikan yang sudah diawetkan selanjutnya dimasak selanjutnya diberikan bumbu khas lainnya. Setelah digoreng kering iwak pakasam ini memiliki rasa yang menyegarkan.

15. Amparan Tatak

Kue khas dari banjar amparan Tatak jadi hidangan selanjutnya yang sering dihadirkan di setiap ada perayaan penting, layaknya pernikahan atau syukuran. Amparan tatak terbuat dari tepung beras dan santan, kue ini rasanya serupa bersama kue pisang yang dibungkus dalam daun pisang. Bedanya amparan tatak ini dibuatnya bersama porsi besar.

16. Kerupuk Basah

Siapa yang tidak mengetahui kalau Kalimantan menyuguhkan banyak variasi keunikan yang patut untuk ditelusuri. Salah satunya olahan kulinernya yang begitu khas. Makanan ini akan mengingatkan Anda terhadap pempek di Palembang. Kerupuk basah sama-sama berbahan dasar ikan dan kebanyakan dimasak cuma bersama langkah dikukus.

Mungkin ini serupa bersama pempek yang belum digoreng rasanya pun serupa bersama pempek. Perbedaannya, terdapat terhadap penyajiannya, yang mana makanan khas Kalimantan ini tidak wajib digoreng kembali dan segera di sajikan seiring bersama bumbu khasnya.

17. Ayam Cincane

Satu makanan khas Kalimantan Timur yang juga nggak boleh terlewat adalah ayam cincane. Namanya sebetulnya unik cocok bersama rasanya nih. Ayam cincane ini di sajikan di acara-acara penting masyarakat Samarinda. Ayam yang sekilas serupa bersama ayam balado ini memiliki ciri khas warna merah dan rasa yang penuh bumbu rempah.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert