Kebanyakan orang memahami staycation sebagai konsep menginap beberapa hari di hotel https://simalunguncityhotel.com/. Padahal maksudnya lebih dari sekedar menginap di hotel.

Keluar rumah plus menginap di hotel sebenarnya termasuk dalam konsep staycation. Namun secara riil, staycation adalah liburan di rumah atau dekat rumah tanpa memerlukan tiket transportasi, paspor atau visa ke tujuan liburan. Di sisi lain, konsep staycation adalah liburan yang mudah, murah, dan dekat dengan rumah.

Staycation juga bisa dilakukan dengan menjelajah plus menikmati lingkungan tak jauh dari rumah dengan menginap di hotel setempat, atau di tempat wisata plus hiburan yang dekat dari rumah. 

Tujuan staycation tentu saja sama dengan konsep liburan lainnya; untuk bisa melepas kepenatan dari kesibukan sehari-hari dan menyegarkan diri sendiri atau bersama keluarga plus kerabat. 

Opsi staycation ini juga menjadi tinggi sejak pandemi COVID-19. Melepaskan kepenatan tetap bisa dilakukan dalam kondisi pandemi dengan tetap membatasi mobilitas plus menerapkan protokol kesehatan.

Aktivitas saat Staycation

Sebagai gambaran konsep staycation, berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat staycation:

  1. Menginap di hotel atau villa di kota 
  2. Berenang di kolam renang penginapan 
  3. Cobalah berkreasi dengan resep-resep baru 
  4. Relaksasi atau spa
  5. Baca buku 
  6. Pergi ke taman hiburan atau rekreasi
  7. Sepeda
  8. Maraton film di hotel, villa, atau di rumah 

Tips Membawa Keluarkan Staycation Optimal

Meskipun konsep staycation adalah liburan di rumah atau di sekitar rumah, namun untuk menjadikannya pengalaman plus momen yang menarik, lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Rencanakan staycation Anda dengan baik
    Meski konsep liburannya tidak jauh dari rumah, Anda tetap perlu merencanakan plus membuat itinerary. Tentukan tempat apa saja yang akan Anda kunjungi. Teliti area di kota Anda untuk menemukan area menarik yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.Jangan lupa untuk menentukan berapa hari Anda akan menginap dan anggarannya.
  2. Selesaikan pekerjaan rumah sebelum staycation. Agar setelah staycation kamu tidak capek lagi melihat pekerjaan rumah yang menumpuk, pastikan semuanya sudah selesai sebelum kamu keluar rumah. Faktanya, hal ini berlaku untuk semua jenis pekerjaan rumah, meski hanya sekedar membayar tagihan.
  3. Ambil cuti plus hindari hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Meski masih dalam situasi WFH atau Work From Home, namun saat akan staycation, sebaiknya ajukan cuti kerja plus hindari mengecek email kantor, mengikuti rapat online, atau bahkan pergi. ke kantor meski hanya sebentar, untuk mengambil berkas, dan lain sebagainya.

Keuntungan Staycation

Meski masih dekat dengan rumah, namun ada beberapa manfaat staycation yang patut dijadikan pilihan liburan:

  1. Gampang
    Gampangnya, dalam hal ini konteksnya adalah selama staycation kamu tidak akan mengalami kendala bahasa apa pun, tidak perlu menukarkan uang, bahkan tidak akan banyak perbedaan budaya selama staycation. 
  2. Mendukung bisnis lokal. Melakukan staycation berarti Anda juga ikut andil dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar Anda. Dengan menghabiskan waktu liburan di akomodasi yang tidak jauh dari rumah, Anda akan membantu pemilik penginapan plus pelaku usaha di sekitarnya mendapatkan penghasilan selama staycation.
  3. Tenang. Banyak orang yang memilih staycation sebagai momen healing karena bisa berlibur tanpa harus berada di keramaian. Anda bisa menghabiskan waktu seharian hanya dengan membaca buku atau sekedar menonton film di kamar akomodasi Anda tanpa ada gangguan dari orang lain.

Rekomendasi Staycation Tak Jauh dari Jakarta

Berikut beberapa rekomendasi hotel yang bisa kamu pilih untuk staycation tak jauh dari Jakarta:

  1. Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention
    Terletak di Gadog, Bogor, hotel ini dilengkapi dengan pemandangan alam Gunung Salak, Gunung Geulis plus Gunung Pangrango. Hotel berbintang lima ini juga dikelilingi tempat hiburan seperti Kebun Teh Gunung Mas, Kebun Raya Bogor plus Taman Safari. Pullman Vimala Hills bisa menjadi pilihan tepat untuk rencana staycation Anda. Pullman resort pertama di Indonesia ini menawarkan pesona alam dari berbagai tempat di kawasan resort, antara lain restoran, bar, kolam renang, ruang pertemuan, pusat kebugaran ditambah tentunya dari setiap kamarnya yang mewah.
  2. ibis budget Cikarang Festival. Hotel ini terletak di kawasan industri Cikarang dengan fasilitas waterpark yang cocok untuk staycation bersama keluarga. Terdapat 1 kolam besar untuk dewasa ditambah 1 kolam anak yang dilengkapi dengan seluncuran air, shower dan tong air tumpah. Setelah puas bermain air, Anda bisa menikmati layanan pijat dalam kamar dari Ibis Budget Cikarang Festival.
  3. Novotel Bogor Golf Resort & Convention Center. Tempat staycation ini cocok untuk staycation bersama keluarga. Berlokasi di Bogor dengan banyak fasilitas yang memadai. Dilengkapi dengan infinity pool dengan pemandangan pegunungan. Selanjutnya terdapat outdoor plus fasilitas lapangan golf yang menarik. Selain itu dekat dengan berbagai tempat hiburan seperti Kebun Raya Bogor, Museum, Botani Square Mall atau berbagai factory outlet dan tempat kuliner.
  4. Novotel Karawang. Hotel ini bisa menjadi pilihan staycation dengan kamar nyaman plus fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan tamu modern. Selain itu, banyak jenis kuliner yang disediakan di hotel ini. Anda juga dapat menikmati fasilitas kebugaran khas Novotel yang disebut Balance by Novotel yang mencakup gym, spa, kolam pusaran air, dan kolam renang.
  5. ibis Styles Bogor Pajajaran. Hotel ini terletak di pusat kota Bogor sehingga menawarkan dua jenis pemandangan; perkotaan ditambah alam. Hotel yang memiliki kamar dengan fasilitas mini bar, TV layar datar plus tirai anti tembus pandang ini juga dekat dengan tempat wisata, restoran plus pertokoan. Udara sejuk khas Bogor juga cocok bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kota.

Discussion

Leave a reply

Deine E-Mail-Adresse wird nicht veröffentlicht. Erforderliche Felder sind mit * markiert